Wednesday, January 10, 2018

DAY 1 TRIP JAPAN

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba, setelah browsing-browsing bagaimana perjalanan di jepang, mengurus visa jepang dan paniknya menghadapi random check di jepang, Akhirnya tanggal 01 Februari 2017 tiket pesawat yang sudah ane pesen dari tahun 2015 itu bisa ke pake juga. Udah gak sabar mau menginjakkan kaki di negri sakura yang sedang berwarna putih. Akhirnya pesawat tiket pesawatnya bisa kepakai beneran gan.

Adisucipto Airport Yogyakarta, 01 Februari 2017

Sore itu cuaca masih cerah, ane dan temen ane sebut aja namanya Gilar temen satu jurusan dibangku kuliah gan. Kami janjian di bandara sekitar jam 14:30 karena pesawat kita ke Jakarta berangkat sekitar jam 16:30 yang diprediksikan sampai di Jakarta pada jam 17:45.

Tapi sekitar jam 15:30 kok cuacanya malah berubah drastis ya, yang semula cerah malah  jadi ujan deres gak karuan, yaudah optimis aja tetep bakan berangkat nih pesawat. Langsung ane duduk-duduk manis di tempat duduk yang sudah disediakan yang didepan kami ada papan bertuliskan Gate 2. Naaaah pas jam sudah menunjukkan pukul 16:00 layar informasi pesawat yang ane mau naikin kok malah jadi delay gini nih. Udah pikiran amburadul bakalan ketinggalan pesawat yang dari Jakarta kerena pesawatnya dari Jakarta berangkat jam 20:20 an sedangkan di layar informasi pesawat yang ane mau naikin bakalan terbang di jam 19:00 an aduh udah pusing kalo beneran ketinggalan pesawat bagaimana ceritanya nanti ya. Akhrinya setelah pengumuman delay yang di siarkan, pesawat merah yang ane mau tumpangi tujuan Jakarta dan pesawat putih biru yang berlogo burung tapi bukan garuda itu pun memberikan makanan gratis sebagai permintaan maaf tersangkut hal deleynya pesawat yang dikarenakan cuaca kurang mendukung. Kita berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat yang berbeda tetapi jam keberangkatan pesawat kami hampir sama dengan selisih  waktu 10 menit. Yaudah kerena udah pusing mikirin nih maskapai ane sama temen ane ambil tuh makanan dan langsung ane santap sambil meratapi nasib.

Akhirnya kita santap aja tuh nasi permintaan maaf dari maspai merah dan putih biru yang gambar burung tapi bukan garuda :v. Melihat cuaca yang tak kunjung berubahpun ane cek dimana letak pesawat yang ane mau naikin pake aplikasi Flight Radar, eh ternya masih muter muter di angkasa nunggu antrian landing dari pesawat lain.  Ane pun udah negative thinking kalo bakalan bisa sampe jepang ni karena bakalan ditinggal sama pesawat yang di Jakarta. Pikiran udah kemana-mana udah kepikiran kalo tiket yang ditunggu-tunggu selama 2 taun ini gak kepake *ngenes serasa pengen minum prokol gan ane hari itu xD .

Sampai magrib pun pesawat yang ane tunggu-tunggu itu masih aja muter-muter diatas belum landing-landing, daaaah pasrah-pasrahan sampe guyonan yang menggelitik ke ngenesan itu kami lontarkan satu sama lain.

G “Bak ketokmen awak dewe cen raoleh mangkat Jepang iki wkwkkwkwkwkwkw”
                B “Mah penenran dite rasido kanggo iki, tapi rugi nek ticket pesawat e wkwkwkwk”

Dan lontaran guyonan lain xD. Kitapun berbincang sampai melupakan kalau kita akan menaiki peswat untuk ke mengejar peswat yang di Jakarta :v, sampai adanya informasi bahwa peswat sudah tiba dan siap untuk dinaiki. Ane mengantri di Gate 2 dan temen ane ngantri di Gate 1.

Aaaaaaaaaaaaaaaakhirnya seletah delay berjam-jam ane bisa nyusulin peswat yang di Jakarta walaupun udah tau kalo bakalan ditinggal karena pesawat yang saya naiki ini beru mulai berangkat jam 19:30 :v. Yaudah mau gimana lagi, dengan fikiran sedikit bahagia karena pesawat yang udah dipesen jadi dinaiki walaupun telat :v.

Akhrinya posisi ane sekarang udah di Udara gan ngeliat pemandangan dari langit dengan kondisi hati yang mengenaskan karena fikiran ane selalu tertuju ke peswat yang dijakarta. Ane duduk di bangku depan dekat pintu keluar, yang dimana orang yang duduk di bangku dengan selisih 3 kursi itu menanyakan komplain karena delay nya pesawat yang kita naiki ini, pesawat beliau yang mau ke jerman dari Jakarta itupun sepertinya tidak terkerjar. Langsung saat itu juga ane juga ikutan complain pesawat ane yang mau ke jepang juga jadi gak ke kejar, gimana tuuuuuuuuuuuuuuh :v . Kemudian mbak-mbak pramugari itu menelepon salah satu rekan kerja yang di Jakarta dan mengaturkan jadwal lagi untuk saya, yang dimana nanti jika ane tiba di Jakarta ane suruh nyamperin kantor nya si pesawat merah. Pikiran agak lega karena pramugari mengatakan jadwal bisa diatur lagi, tapi ane masih tepap dag dig dug karena ane masih belum jalas tuh nanti proses nya gimana :v . Dan ane pun malah jadi berbincang dengan orang yang nasibnya dengan ane *ngakak ternyata gak cuman ane yang sial disini xD* ternyata orang yang akan ke Jerman itu menggunakan beda maskapai, jadi pesawat merah ini belum jalas mau tanggung jawab gimana karena ini memang karena cuaca kita delay *begitu kata pramugari yang dilontarkan kepada orang yang akan dinas di Jerman.

Akhirnya seletah duduk-duduk sekitar satu jam, pesawat yang ane tumpangin ini mendarat juga di Jakarta dengan disusul pesawat yang ane kira pesawat yang ditumpangi temen ane. Sampai tempat pengambilan bagasipun ane masih bareng dengan orang yang akan berdinas ke Jerman. Karena ane berniat mau nungguin temen ane, ane pisah sama orang orang itu gan.

Setelah ane ganti mode pesawat di HP, ane langsung chat temen ane gan buat ane ajak ketemu dulu sebelum konsul ke Tempat makapai yang kita naikin.
                B “Heh tak tunggu nek cedak escalator”
                   “ ……………. Temen ane belum juga balas pesan ane”

Langsung ada pangginalan WA masuk gan, yang ane kira itu temen ane. Eh ternyata yang telp Ibu dari temen ane gan.

I “Mas niki ibuk e Gilar, mengkih titip Gilar nggih | Mas ini ibunya Gilar nanti titip Gilar ya”
                B “Oh nggih bu, niki kulo sek nunggu Gilar, wau pesawate sampun mendarat ting mburine pesawat  kulo | Ohya bu, ini saya lagi nunggu Gilar, tadi pesawatnya sudah mendarat di belakang pesawat saya”
                I “Loh kata Gilar teseh ting jogja dik | Loh kata Gilar masih dijogja”
                B “Mboten sampun dugi riki pesawat e, wau kulo ningali ting mburi pesawat kulo | Engga sudah sampai, tadi saya lihat pesawatnya dibelakang pesawat saya”
                I “Nggih empun, kulo titip Gilar nggih dik | Oh yasudah saya titip Gilar ya dik”

Kemudian ketika panggilan via WA itu selesai, munculah balasan chat dari temen ane.

G “Cooook aku iseeeh ning jogja, iki pesawatku malah rasido mangkat nek Jakarta | Cook aku masih di Jogja, pesawatku malah gak jadi berangkat ke Jakarta”
                B ”Loooh kok iso ? | Looooh kok bisa ?”
                G “Gegara ono pesawat Terglincir ki, dadi raiso mangkat aku | Gara-gara ada pesawat terglincir aku jadi gak bisa berangkat”
                B “Waduuuuh njur pie kui koe le ndene ? | Waduuuuuh terus gimana kamu kesininya ?”

Kemudian ane langsung lari buat nyari dimana tuh si costumer service si pesawat merah, lari dalam kondisi sedikit basah di bandara baru pertama kali nih dapat pengalaman kek gini. Setelah tanya-tanya satpam dan orang sekitar akhrinya ketemu juga tuh costumer service si pesawat merah, langsung ane keluarin semua unek-unek ane sama petugasnya, akhirnya setalah beradu mulut dengan tuh sc nya si pesawat merah ane diganti penerbangan besok pagi (tanggal 02 Februari 2017) jam 07:00 , dan ane tanyain juga bagaimana kalo beda maskapai, ternyata memang tidak bisa karenya keterlambatan yang di lakukan bukan dari pihak si pesawat merah. Sambil menunggu datangnya hari esok ane muterin tuh bandara buat ngabisin waktu dan sekalian cari tempat yang enak buat tidur :v, dan setelah ane puterin tuh bandara ternyata tempat yang paling enak yaitu bangku depat tempat check in si pesawat merah.

Nyente sambil ditemenin satu botol susu dan hiasan indah bertuliskan maskapai yang ane mau pake :v ane mantau bagaimana perkembangan temen ane yang berjuan menuju Jakarta juga. Ternyata temen ane jadinya berangkat ke Jakarta lewat semarang karena bandara jogja sudah tidak melakukan penerbangan setelah adanya kejadian pesawat yang kepleset itu gan :v .

Akhirnya ane rebahan tuh dikursi dan gak ada orang selain ane :v , sampe jam pun sudah menunjukkan pukul 00:30 tetap gak ada orang, rasanya gak bisa tidor gan itung-itung jagain tempat check in tuh maskapai :v .

Akhirnya waktu sudah menunjukkan pukul 03:30 dan tepat disamping saya ada 2 orang kakek dan nenek dari jepang yang akan berkunjung ke Yogykarta, mulai dari situpun ane …………

Saya akan mengupload cerita selanjutnya di Day 2.